Sunday, September 30, 2012

Berusaha dan Berdoa

Ingat kalimat ini tidak? 
'Kita, manusia, hanya bisa berencana, Tuhanlah yang akan menentukan semuanya'

Tapi apakah kita tidak wajib berusaha?
Sedang ada satu kalimat yang menyatakan:
'Tuhan tidak akan merubah nasib manusia kecuali manusia itu sendiri yang mau berusaha'

Jadi, kita coba uraikan, yuk...

Tuhan memang punya kuasa untuk melakukan segala hal. Dan kita sebagai umat-Nya dengan segala kekurangan ini adalah diciptakan Tuhan dengan dibekali otak dan pikiran. Tentunya Tuhan pun tak ingin melihat umat-Nya tak mempergunakan apa yang telah Dia berikan.

Sebaliknya dengan kita, kita telah diberi banyak oleh Tuhan, harusnya kita pun bisa memaksimalkan untuk hal-hal yang baik.

Jika suatu waktu kita menginginkan suatu hal, dan jika kita ingin hal itu ada untuk kita, maka sudah kewajiban kita pula untuk berusa dan tentunya diiringi doa juga.

Memang, segalanya adalah Tuhan yang menentukan, tapi apa salahnya jika kita berusaha. Toh, Tuhan menyukai umat-Nya yang tidak bermalas-malasan dan rajin berusaha untuk sebuah kebaikan.

Alhasil, Insya Allah, jika hal yang kita usahakan dengan sungguh-sungguh itu adalah baik untuk kita menurut Tuhan, Insya Allah, Tuhan pun akan mengabulkannya untuk kita. Tapi jika hal itu tak pernah terwujud, jangan berkecil hati, karena mungkin Tuhan telah mempersiapkan sesuatu yang lebih baik untuk kita.

So, lakukan apapun yang kamu inginkan asalkan itu hal yang positif, terus berusaha  dan diiringi dengan doa. Oh..., ya..., katanya jika doa kita tidak dikabulkan di dunia, Insya Allah akan dikabulkan di akhirat nanti, dan itu lebih indah berkali lipat. (tentunya doa yang baik) :)

Jadi..
Semangat dan selamat beraktifitas.... ;)

No comments:

Post a Comment