Satu lagi layanan yang menyediakan informasi tiket adalah Tiket2.com.
Tiket2.com memberikan beberapa layanan berupa informasi daftar jadwal
penerbangan domestik dari berbagai kota di Indonesia, fasilitas untuk
membandingkan jadwal dan harga tiket pesawat, serta menyediakan juga
fasilitas booking, yang semuanya bisa didapatkan di satu tempat.
Pengguna bisa mencari informasi penerbangan Lion Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batavia Air, Citilink, Merpati, Airasia
dll. dari berbagai kota di Indonesia sesuai dengan waktu dan kota
keberangkatan/kedatangan yang dipilih, serta mengatur apakah perjalanan
akan sekali jalan atau pulang-pergi. Situs Tiket2 tersedia dalam dua
bahasa Indonesia dan English yang memudahkan pengguna baik itu asal Indonesia ataupun turis untuk mencari data penerbangan.
Tampilan
situs mereka juga cukup menyenangkan, dan jika Anda mencari jadwal
penerbangan tertentu, selain mendapatkan informasi jadwal penerbangan
beserta maskapai penerbangannya terdapat juga berbagai informasi tentang
bandara, baik yang menjadi tempat keberangkatan atau bandara yang
menjadi tempat tujuan, termasuk keterangan transportasi serta pajak
kedatangan.
Satu hal yang menarik untuk dilihat adalah alamat
kontak dari Tiket2, yang beralamat di Jogja, saya sendiri penasaran
untuk mencari informasi tentang hal ini, setelah mengontak pihak Tiket2
ternyata co-founder dari Tiket2 berasal dari Poland, mereka
adalah Michal Czajkowski dan Juliusz Calyniuk. Pengembangan web dan
teknologinya semua dikerjakan dari Poland, sedangkan untuk alamat di
situs mereka adalah alamat kantor PT Grami Setya Mulya yang merupakan
partner Tiket2 dalam menangani layanan terkait konsumen serta partner
dalam menyediakan layanan booking tiket.
Pangsa pasar
Tiket2 memang difokuskan untuk Indonesia, yang terdiri dari pengguna
lokal dan juga para wisatawan yang ingin mendapatkan informasi
penerbangan domestik, itu kenapa mereka menyediakan fasilitas dua
bahasa. Untuk pembayaran juga disediakan sistem transfer antar bank yang
populer untuk pengguna lokal dan sedang dikembangkan untuk pembayaran
dengan menggunakan PayPal dan kartu kredit.
Michal juga
menjelaskan bahwa selain pangsa pasar lokal yang menjadi sasaran utama
pengguna Tiket2, pasar turis asing juga menjadi perhatian mereka, “Foreign
tourists market is very important for us, and we will be gradually
increasing our exposure to those people in other countries who are
willing to come and visit Indonesia.”
Untuk strategi monetisasi Tiket2 mendapatkan pemasukan dari booking fee dan
iklan. Michal menjelaskan bahwa saat ini Tiket2 masih dalam tahap
pengembangan awal, mereka masih menggunakan Google AdSense untuk
mendapatkan pemasukan dari iklan, namun di bulan Maret nanti, Tiket2
akan meluncurkan penawaran iklan bagi perusahaan yang tertarik untuk
beriklan dilayanan mereka.
Fasilitas yang paling menarik dari Tiket2 tentu saja adalah fasilitas booking,
setelah mendapatkan informasi jadwal penerbangan, membandingkan harga
dari masing-masing maskapai, pengguna bisa langsung melakukan proses
pemesanan tiket, pengguna nantinya akan mendapatkan e-ticket lewat email.
Beberapa
fasilitas lain yang disediakan Tiket2 sebagai sarana kemudahan mencari
informasi tiket pesawat seperti yang dijelaskan Michal antara lain,
Tiket2 akan menyimpan semua data pencarian yang dilakukan pengguna
mereka, hal ini akan memungkinkan sistem Tiket2 untuk mempelajari dan
menghadirkan informasi menarik bagi pengguna, misalnya informasi tanggal
keberangkatan terbaik yang didasarkan pada harga tiket termurah. Selain
itu Tiket2 juga mengagregasikan informasi keberangkatan dari berbagai kota dalam satu halaman, memudahkan untuk memilih jadwal penerbangan populer.
Ketika ditanyakan tentang teknologi yang digunakan untuk membangun Tiket2, Michal menjelaskan, “Tiket2 is backed up by Symfony,
a powerful web application framework (Delicious, Yahoo! Bookmarks and
Dailymotion use it too). With an addition of ORM Doctrine and a
non-relational database MongoDB, Symfony speeds up the creation and
maintenance of our website.”
Saat artikel ini ditulis,
sepertinya Tiket2 sedang mengalami permasalahan pada fasilitas pemesanan
tiket lewat situs mereka, namun pemesanan tetap bisa dilakukan lewat
telepon.
Beberapa fasilitas yang sedang dikembangkan dan akan
disediakan oleh Tiket2 selain fasilitas pembayaran menggunakan kartu
kredit dan PayPal adalah sistem afiliasi bagi pengusaha jasa tour & travel skala kecil-menengah, fasilitas dari Tiket2 ini akan membantu menyediakan layanan pemesanan tiket yang profesional.
Diambil dari sebuah blog temuan saya..hehehehe
http://www.gaptekupdate.com/2011/06/tiket2-com-membandingkan-tarif-jadwal-penerbangan-dan-fasilitas-pemesanan-tiket/
No comments:
Post a Comment